SECTION 2 AIRCRAFTSECTION 2 AIRCRAFT

Posted on February 18, 2010

0


>



Jutaan manusia di dunia kini banyak menggunakan jasa angkutan udara sebagai sarana transportasi. Selain itu, pesawat terbang juga dapat dimanfaat kan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti untukperang/ penjagaan suatu negara, pemadam kebakaran hutan, penyemprot hama tanaman, dan sebagainya.

PESAWAT TERBANG B737 S

Bagaimana Pesawat Bisa Terbang

Ada empat GAYA (gravity / Tarik bumi); (lift / angkat); (drag / hambat); (thrust / dorong).

Gravity adalah daya tarik ke bawah; biasa juga disebut daya tarik bumi, maksudnya adalah kekuatan alamiah yang menarik pesawat ke tanah.

Lift adalah daya mengangkat untuk melawan daya tarik bumi. Daya mengangkat yang diciptakan ini dapat terjadi karena gerakan sayap pesawat di udara.

Drag merupakan daya alamiah yang menarik ke belakang sehingga menahan gerak maju u pesawat.

Thrust adalah daya dorong yang diciptakan untuk mendo rong pesawat, sehingga pesawat dapat bergerak ke depan.

FLIGHT

Jenis-Jenis Mesin Pesawat Terbang

Gasoline Engines, yaitu mesin dengan bahan bakar bensin;

Jet Engines, yaitu mesin yang menggunakan tenaga pancar (hasil pem bakaran) sebagai tenaga dorongnya

Rocket Engines adalah mesin yang membawa oxygen untuk pembakaran

JET ENGINE

Jenis Pesawat Terbang Berdasarkan Kegunaannya

1. Pesawat ringan / latih;

2. Pesawat militer / trasnport,bomber dan

fighter;

3. Pesawat angkutan khusus / cargo,VIP;

4. Pesawat angkutan komersial /

penumpang

FIGHTER

Pesawat Ringan

Pesawat jenis ini adalah pesawat kecil bermesin tunggal. Pesawat jenis ini dapat mendarat dan tinggal landas pada landasan yang pendek. Pesawat jenis ini biasanya menggunakan propeller baling-baling dan biasanya dipergunakan antara lain untuk keperluan pribadi, kegiatan olahraga, kegiatan sosial dan pertanian.

Pesawat Militer

Pesawat militer merupakan jenis pesawat yang sengaja dirancang secara khusus untuk keperluan angkatan bersenjata, baik sebagai alat angkut pasukan dan perbekalan, pengintai, pengebom, pesawat tempur, dan lain-lain.

Pesawat Angkutan Khusus

a. Pesawat terbang amfibi yang mampu mendarat dan tinggal landas di atas permukaan air.

b. Pesawat yang dirancang sebagai penyemprot hama pertanian/perkebunan.

c. Pesawat yang dirancang untuk alat pemadam kebakaran.

d. VIP,Kepresidenan

Pesawat Angkutan Komersial

a. Passenger Aircraft adalah pesawat yang dirancang untuk dapat dipergunakan sebagai alat angkutan penumpang dan barang.

b. Cargo Aircraft adalah pesawat yang dirancang untuk dapat dipergunakan sebagai alat angkutan pengiriman barang/kargo.

Bagian-Bagian Pesawat Terbang

1. Fuselage atau badan pesawat;

2. Wing atau sayap pesawat;

3. Tail assembly atau ekor pesawat;

4. Landing gear atau roda pendarat

5. Machine atau mesin

Fuselage atau Badan Pesawat

Fuselage adalah badan pesawat yang biasanya berbentuk bulat panjang membentang dari ujung depan sampai ujung ekor.

Fuselage, berfungsi sebagai penyangga sayap, penyangga roda pendarat dan penyangga bagian ekor pesawat.

. Wing, atau Sayap Pesawat

Sayap pesawat selalu melekat pada sisi kiri dan kanan badan pesawat. Rangka bagi bawah sayap pesawat berbentuk hampir rata, sedangkan pada bagian atas depan meleng­kung dan mengecil ke belakang (elips airfoil). Lengkungan sayap berguna untuk membantu terciptanya daya angkat ke atas yang biasa disebut lift.

. Tail Assembly atau Bagian Ekor

Bagian ekor pesawat terletak di ujung belakang. fuselage dan memiliki dua peralatan penting yang masing-masing terpasang secara horizontal dan vertikal.

a. Peralatan yang terpasang pada posisi vertikal, terdiri dari dua macam, yaitu (1) fin dan (2) rudder.

b. Horizontal stabilizer (Elevator)

Ketinggian Jelajah Pesawat Terbang

Perbedaan ketinggian jelajah pesawat terbang disebabkan oleh:

1. Jenis pesawat yang digunakan (type of aircraft);

2, Keadaan cuaca (weather condition);

3. Lalu lintas jalur penerbangan (air traffic)

4. Wilayah udara yang diterbangi;

5. Jarak penerbangan.

Pesawat udara komersial dilengkapi

1. Oksigen dan tekanan udara yang stabil

di dalam kabin (Cabin pressurization);

2. Sistem navigasi elektronis(Electronics

Flight Information System);

3. Sistem pengindraan jarak jauh berupa

radar yang canggih;

4. Sistem komunikasi radio dua arah (two

way communication).

Tata Ruang Pesawat Terbang Komersial

Tata ruang setiap jenis pesawat (aircraft interior) berbeda, tergantung dari kegunaan pesawat udara tersebut.

Tata ruang pesawat terbang komersial terdiri dari:

a. ruang kemudi (cockpit);

b. ruang/kabin penumpang (passengers);

c. ruang tempat barang (cargo

compartement).

Tempat Duduk/Kursi Penumpang (Passenger Seat)

a. Kursi dekat jendela (window seat);

b. kursi di pinggir gang (aisle seat);

c. Kursi di bagian tengah (middle seat);

d. Kursi di dekat pintu darurat (near emergency exit);

e. Kursi di baris pertama (first row seat).

Cabin interior

Posted in: AVIATION