MEMORY

Posted on February 25, 2009

0


>
Pengertian
Memory adalah fungsi yang terlibat dalam mengenang atau mengalami lagi pengalaman masa lalu

Memory merupakan suatu proses yang terdiri dari:

Encoding (pemasukan pesan dalam ingatan)

Storage (penyimpanan)

Retrieval (pengingatan kembali)

Memory memiliki 3 major komponen
Sensory memory
Short term memory
Long Term Memory
Memory memiliki 3 major komponen
Sensory memory
– Hanya diingat dalam sekejap
– Cepat menghilang
– Tidak ada asosiasi tertentu


Memory memiliki 3 major komponen

2. Working/ Short Term Memory
Jika pada sensory memory informasi cepat hilang, maka dalam STM ada selective attention

MEMORY CODE
Visual Code
Semantic Code
Motor Code

Contoh:Aku suka model rambut kamu,maka
memory dapat mengingatnya dalam
code-code tsb.
Komponen Working Memory
Phonological loop
Visual spatial sketchpad
Episodic buffer

Contoh: berapa 87+36=
Long Term Memory
Merupakan ingatan yang disimpan dalam jangka panjang/ untuk waktu yang lama masih tetap diingat.
Serial Position Effect
Kata-kata pada awal dan akhir kalimat adalah kata yang paling mudah untuk direcall kembali
primary effect
Serial position effect
Recent Effect

CHUNKING
IRSYMCAIBMCIAFBI
Ketika diminta untuk mengafal huruf ini, tentu kita akan kesulitan, namun jika kita memecahnya dan mengingatnya perbagian seperti:

IRS YMCA IBM CIA FBI

Kita akan lebih mudah mengingatnya

EXPOSURE

REHEARSAL
MNEMONIC DEVICES
Ketika akan menghafal warna pelangi
Merah jingga kuning hijau biru nila ungu

MEJIKUHIBINIU
Jaringan Neural
Jaringan neural memiliki simpul (biasa disebut units) yang menghubungkan ke jaringan neural lain
Didalam jaringan Neural tidak ada simpul yang tunggal, mis untuk “warna merah”, “alat pemadam api”, dll.
Sebuah neuron memproses input dan mengirimkan uotput pada neuron lain, tetapi sejauh yang kita ketahui, konsep “merah” dan “alat pemadam api” tidak disimpan dalam neuron tunggal.
Neuron memiliki hubungan sinaptik dengan neuron yang lain , menerima dan mengirim sinyal dapat mengaktifkan (meningkatkan kemungkinan neuron terhadap api) atau menghalangi (menurunkan kemungkinan terhadap kebakaran).

Jaringan Neural
Simpul didalam model jaringan neural memiliki hubungan dengan banyak neuron lainnya, simpul-simpul tersebut diprogram untuk menerima dan mengirimkan sinyal pengaktifan atau sinyal penghambat, dan menjadi pembangkit bila input yang dikirimkan mencapai kekuatan ambang yang pasti.

Types of Long-Term Memory
Declarative and Prosedural Memory
Declarative memory melibatkan pengetahuan pengetahuan faktual dan terdiri dari 2 sub-kategori
Episodic Memory  pengtahuan mengenai pengalaman-pengalam pribadi yang tersimpan: kapan, dimana, dan apa yang terjadi didalam sebagian kehidupan kia.
Semantic memory  merepresentasikan pengetahuan faktual secara umum mengenai dunia dan bahasa, termasuk memori terhadap kata dan konsep.

Declarative and Prosedural Memory
Procedural (nondeclarative) memory merefleksikan kemampuan dan aksi (Gupta&Cohen,2002).
Salah satu komponen dari procedural memory terdiri dari kemampuan yang di ekspresikan dengan melakukan sesuatu dalam situasi tertentu, seperti mengetik atau mengendarai sepeda.
Classicaly conditioned responses juga merefleksikan procedural memory
Explicit and Implicit Memory
Explicit memory melibatkan kesadaran atau mengingat kembali memori secara sengaja, seperti saat kita mengenal secara sadar atau mengingat sesuatu.
Recognition  menghendaki kita untuk menentukan apakah suatu stimulus sama, seperti ketika seorang siswa mengerjakan ujian pilihan ganda
Recall  melibatkan pengingatan memori secara tidak sadar (spontan).

Implicit memory  terjadi ketika ingatan mempengaruhi perilaku kita tanpa kita sadari. Misalnya: belajar mengendarai sepeda atau mobil.
Arousal, Emotion, and Memory
Banyak pengalaman dalam kehidupan kita seperti berjumpa dengan seseorang, kematian, kelulusan, kecelakan, dan peristiwa lokal atau peristiwa dunia yang terus diingat, tidak hanya karena peristiwa-peristiwa tersebut khusus, tetapi juga karena peristiwa-peristiwa tersebut menggerakkan emosi kita dan mengguncang kita.

Flashbulb memories
Flashbulb memories  ingatan yang sangat jelas, sangat bersih, yang dapat kita gambarkan seperti memotret kejadian saat itu dan cenderung akurat. Tetapi, di lain waktu beberapa flashbulb memories menjadi tidak akurat.
Jadi, akurasi memori dan kepercayaan memori memiliki relasi yang lemah.

The Effects of Context, State and Mood on Memory
Prinsip spesifik encoding menunjukkan bahwa memori menguat ketika muncul tanda selama isyarat yang dicari cocok pada saat itu selama encoding
Pada dasarnya sangat mudah untuk mengingat sebuah stimulus ketika kita berada di lingkungan yang sama (context-dependent memory) atu menunjukkan kondisi internal yang sama (state-dependent memory) seperti ketika stimulus asli tersimpan.
FORGETTING
The Course of Forgetting
Herman Ebbinghaus (1885-1964) merupakn pionir yang mempelajari mengenai kelupaan dengan menguji satu orang yaitu dirinya sendiri.
Interferensi retrokatif  hilangnya sebagian atau seluruhnya ingatan dari hal-hal yang telah dipelajari, yang diakibatkan oleh suatu kejadian yang baru berlangsung (seperti suatu kejutan emosional atau suatu ajaran baru)
Setiap orang memiliki masalah dalam ingatannya yang disebut Tip-of-the-Tongue (TOT)
TOT sewaktu berusaha memperoleh kembali informasi dari perekaman atau penyimpanan ingatan jangka panjang, seseorang dapat mendapatkan kembali informasi yang salah, yang dengan cara-cara tertentu berkorelasi dengan item yang benar
Dorongan untuk lupa
Psychodynamic dan psikolog lainnya percaya bahwa kadang-kadang setiap orang sadar atau tidak sadar memiliki dorongan untuk lupa.
Represi  proses motivasi yang melindungi kita dengan cara menghambat pemanggilan secara sadar terhadap ingatan kecemasan yang mengguncang.
Forgetting to Do Things: Prospective Memory
Prospective Memory  menekankan pada mengingat hal-hal yang akan dilakukan.
Amnesia
Retrograde and Anterograde Amnesia
Retrograde Amnesia  melupakan semua kejadian yang dikenal atau telah dialami sebelum peristiwa yang menyebabkan amnesia, seperti melupakan identitas lawan dalam suatu pertandingan sepakbola yang bertanggung jawab mencederai dirinya dan menyebabkan dia jadi tidak sadar.
Anterograde Amnesia  melupakan satu peristiwa yang mengganggu pada saat peristiwa itu terjadi atau sesudahnya, kemungkinan disebabkan karena apa yang terjadi tidak memberikan kesan.
Dementia and Alzheimer’s Disease
Dementia  kemerosotan pada fungsi-fungsi mental yang makin parah dan menonjol.
Alzheimer’s Disease  adanya kerusakan kemampuan berbicara, gerak-gerak anggota tubuh (tungkai dan lengan) di luar kemauan, sawan yang kadang-kadang darang, kemunduran itelektual dan psikotisme yang biasa terjadi pada usia 65 tahun
Infantile Amnesia
Salah satu hipotesis menyebutkan bahwa penyebab dari Infantile Amnesia ini adalah karena pada tahun pertama setelah kelahiran wilayah dari otak kita yang memproses memori jangka panjang masih belum matang.

MEMORI SEBAGAI PROSES KONSTRUKSI

Konstruksi memori kadang menyenangkan, kebanyakan orang memiliki kecenderungan untuk me- recall melalui pandangan yang agak menyenangkan,
Cnth: mahasiswa yang diminta me- recall nilai SMA nya, semakin jelek nilai semakin sedikit yang mengingatnya
DISTORSI MEMORI& SKEMA
Seseorang menggeneralisasi ide (skema) tentang bagaimana peristiwa terjadi, yang digunakan untuk mengorganisasi informasi dan menyusunnya dalam memori (Bartlet, 1932).
Konstruksi memori memperluas bagaimana kita memvisualisasi dunia

Contoh:
mahasiswa yang diminta melihat foto dari sebuah objek, kemudian menggambar apa yang mereka lihat dari memori, secara konsisten akan menunjukkan perluasan batas (boundary extension).
Dalam kehidupan nyata, objek biasanya tampak pada background yang meluas, yang menciptakan skema bagaimana kita mengharapkan gambar untuk dilihat.

Sehingga, ketika kita mengingat gambar close- up, skema kita me- recall gambar yang diperluas dari yang sebenarnya kita lihat.
MISSINFORMATION EFFECT& EYEWITNESS TESTIMONY
Missinformation effect: distorsi memori yang disebabkan oleh informasi yang menyesatkan yang diterima setelah suatu peristiwa terjadi, dapat diteliti melalui kesalahan pengakuan saksi.
Seorang pendeta Katholik Roma diidentifikasi 7 saksi sebagai pelaku kejahatan. Ia selamat dari hukuman ketika penjahat yang sebenarnya mengakui kejahatannya.
Faktor yang mempengaruhi distorsi memori saksi:
(1).kesopanan penjahat konsisten dengan skema yang banyak orang miliki tentang pendeta (2).sebelum menunjukkan gambar tersangka pada saksi, polisi diberitahu bahwa mungkin tersangkanya adalah seorang pendeta.

Missinformation effect juga dapat disebabkan oleh source confusion, yaitu kecenderungan untuk me-recall/ mengenali sesuatu sebagai hal yang familiar tetapi lupa dimana menemuinya.
ANAK SEBAGAI SAKSI
AKURASI DAN MUDAH/ TIDAKNYA
DIPENGARUHI
Pertanyaan sugestif mendistorsi memori beberapa anak- anak, dan menyebabkan kesalahan memori ketika pertanyaan diulang.
RECALL TERHADAP TRAUMATIC EVENTS
Anak- anak mengingat lebih sedikit detail yang benar dan lebih sering setuju terhadap pertanyaan sugestif.

Kontroversi “Recovered Memory”
Para psikolog berdebat apakah memori yang muncul kembali dari kasus pelecehan terhadap anak adalah akurat dan apakah mereka melupakannya melalui represi atau proses psikologi lainnya.
MEMORI DAN OTAK
DIMANA MEMORI DIBENTUK DAN DISIMPAN?
MEMORI SENSORIS& WORKING MEMORY
Memori sensoris tergantung pada visual,auditory& sistem sensoris lainnya untuk mendeteksi informasi stimulus, dan mengubah bentuk ke dalam kode neural, dan mengirimnya ke otak, dimana area sensoris dari cerebral cortex secara inisial memprosesnya.
Tugas “working memory”: mengingat nama dan wajah seseorang, me-recall sederet angka, belajar& mengulangkonsep pada textbook.

Working memory: sebuah jaringan dari area cortex yang berada diantara lobus otak yang berbeda
Lobus frontal, khususnya prefrontal cortex memiliki peran penting dalam “working memory”

LONG TERM MEMORY (LTM)
Berbagai area di otak terlibat dalam LTM, tetapi hippocampus dan area di sekitarnya memainkan peran penting dalam proses encoding LTM.
Declarative memory
memori untuk pengalaman dan fakta baru
Prosedural memory
Cerebellum berperan penting dalam membentuk procedural memory

Bagaimana memori dibentuk??
Sistem saraf membentuk memori melalui perubahan fisik dan kimia yang berlangsung dalam sirkuit neural otak.
Perubahan sinapsis&memori
perubahan sinapsis merupakan dasar bagi konsolidasi memori
Long- term potentiation
merupakan peningkatan waktu berlangsung dalam kekuatan sinapsis.
STUDI KASUS
Air, sungai, arus, ombak, gelombang,pasang, daur, angin, riak, hilir, ikan, perahu

Meja, umpan, konfirmasi, tahun, listrik, guru, pernyataan, umpan, bangkrut,mata

Dari kedua kelompok kalimat tersebut, manayang lebih mudah dihafal dalam sekali pengucapan? Jelaskan dinamikanya
STUDI KASUS
Pernahkah kamu merasakan suatu kejadian dimana kejadian tersebut pernah kamu alami sebelumnya atau sering disebut DeJavu?

YTF-234
QCK-879
VFZ-298
UBP-643
LHG-854

YTF
QCK
VFZ
UBP
LHG

Posted in: FSIKOLOGI