MANAJER DAN LINGKUNGAN EKSTERNAL

Posted on February 21, 2009

0


>

Dalam melangkah manajer perlu mempertimbangkan unsur-unsur dan kekuatan-kekuatan lingkungan eksternal dalam setiap kegiatannya. Manajer harus mengidentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mendiagnosa dan bereaksi terhadap kekuatan-kekuatan lingkungan, baik berupa kesempatan-kesempatan, risiko-risiko maupun ancaman-ancaman, yang mempunyai pengaruh pada operasi organisasi (perusahaan).

FAKTOR-FAKTOR LINGKUNGAN EKSTERNAL

Lingkungan eksternal terdiri atas unsur-unsur di luar organisasi, yang sebagian besar tak dapat dikendalikan dan berpengaruh dalam pembuatan keputusan oleh manajer. Organisasi mendapatkan masukkan-masukan yang dibutuhkan, seperti bahan baku, dana tenaga kerja dan energi dari lingkungan eksternal, mentransformasikan menjadi produk dan jasa, dan kemudian memberikan sebagai keluaran kepada lingkungan eksternal.



Lingkungan eksternal mempunyai unsur-unsur yang berpengaruh langsung (lingkungan ekstern mikro) dan yang berpengaruh tidak langsung (lingkungan ekstern makro).

Lingkungan ekstern mikro terdiri dari para pesaing, penyedia, langganan, lembaga-lembaga keuangan, pasar tenaga kerja dan perwakilan-perwakilan pemerintah. Lingkungan ekstern makro mencakup teknologi, ekonomi, politik dan sosial yang mempengaruhi iklim di mana organisasi beroperasi dan mempunyai potensi menjadi kekuatan-kekuatan sebagai lingkungan ekstern mikro.

LINGKUNGAN EKSTERNAL MIKRO

Para Pesaing (Competitors). Lingkungan persaingan perusahaan terrcermin dari tipe, jumlah dan norma-norma perilaku organisasi pesaing.

Sebagai contoh untuk meningkatkan bagian pasarnya dimana produk dan harga sama dengan para pesaing, perusahaan harus menciptakan perbedaan2 dalam pembungkusan pelayanan atau promosi. Pemahaman arena, sifat persaingan serta kekuatan dan kelemahan para pesaing ini memungkinkan perusahaan dapat mempergunakan kekuatan bersaingnya lebih efektif dan efisien.

lanjutan

Langganan (customers). Strategi, kebijaksanaan dan taktik-taktik pemasaran perusahaan sangat tergantung situasi pasar dan langgannan. Langganan perusahaan dapat berupa suatu lembaga seperti kantor pemerintah, sekolah, perusahaan lain, rumah sakit, atau langganan perseorangan.

Dalam situasi persaingan yang ketat, melalui pemuasan kebutuhan dan keinginan langgananlah perusahaan akan dapat menjaga kelangsungan hidupnya, berkembang dan mendapatkan keuntungan.

lanjutan

Pasar Tenaga Kerja (Labour Supply)

Ada 3 faktor yang paling berpengaruh terhadap pemenuhan kebutuhan karyawan perusahaan, yaitu reputasi perusahaan dimata angkatan kerja, tingkat pertumbuhan angkatan kerja dan tersedianya tenaga kerja sesuai persyaratan yang dibutuhkan.

Lembaga-lembaga Keuangan.

Perusahaan penting menjalin hubungan kerja dengan lembaga-lembaga keuangan dengan memahami prosedur perbankan, mampu membuat transaksi yang berharga, mempunyai pembukuan yang lengkap dan jaminan yang diperlukan.

Para Penyedia (suppliers).

Setiap organisasi sangat tergantung pada sumber-sumber dari sumber daya-sumber dayanya untuk memenuhi kebutuhan bahan baku (mentah), bahan pembantu, pelayanan, energi dan peralatan, yang digunakan untuk memproduksi keluaran.

Posted in: KEPEMIMPINAN